a/ ;>

Komunitas Teater La Giente's, Angkat Humor Artistik

Senin, 18 Agustus 2008


Berawal dari ide mereka untuk dapat berkumpul, akhirnya anak-anak alumnus SMU 8 Yogyakarta ini membentuk sebuah komunitas bersama. Komunitas teater yang berdiri sejak 10 November 2005 ini diberi nama La Giente's. Mereka ingin selalu menghasilkan sesuatu yang baru dari input atau masukan yang didapatkan dari mana saja. La Giente's juga mempunyai sebuah pandagan bahwa sesuatu yang baru akan muncul terus dari ide-ide karya mereka sendiri. Di balik itu, mereka mengusung prinsip dasar untuk mendapat apresiasi di tiap penampilan mereka. Dan apresiasi tersebut akan mereka tampung untuk mengembangkan ide baru.

Dengan mengambil genre humor artistik, mereka bermaksud agar semua penontonnya dapat melihat humor itu sendiri dalam setiap aspek yang mereka pentaskan. Mulai dari setting, kostum dan lain sebagainya. "Kebanyakan selama ini jika seseorang menampilkan sebuah karya humor maka hanya ucapan atau lawakannya saja yang mereka tonjolkan. Namun kami ingin agar para penonton juga dalam melihat sisi humor tersebut dalam setiap hal yang kami tampilkan," ungkap Genta di sela-sela kesibukannya melatih anak-anak teater 10 SMU 8 Yogyakarta.

La Giente's beranggotakan sekitar 20 hingga 30 orang, namun tidak seluruhnya aktif. Yang terbilang aktif hanya sekitar separuhnya orang saja. Anggotanya terdiri dari beragam universitas yang berbeda. Program kerja mereka sangat fleksibel dan tergantung pada waktu dan keadaan, salah satunya adalah mengadakan latihan rutin 1-2 kali dalam seminggu, serta kumpul-kumpul untuk mengeratkan seluruh individu dalam komunitas itu. Selain latihan rutin, mereka juga memiliki kegiatan rutin, yakni mengadakan pentas 2 bulanan. Dan setip hari ulang tahunnya, mereka pun mengadakan acara untuk menyemarakan hari spesial tersebut.

Di luar acara rutin, La Giente's sering pula berpentas di acara lain, atau bahkan membuat event dan acara pertunjukkannya sendiri. Berbagai pengalaman telah mereka kumpulkan. Mulai dari berpentas di acara Jogja Bangkit, sebuah acara yang diselenggarakan oleh para alumnus ISI dalam rangka mengenang gempa yang melanda Jogja pada 27 Mei 2006. Lalu mengikuti event JAVA Hahaha, sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Java Cafe. Hingga kegiatan berbagi ilmu kepada adik-adik mereka di SMU 8 Yk. Selain mengikuti even-even besar seperti yang ada di atas, komunitas ini juga selalu turut meramaikan pentas 17-an di tempat berkumpul mereka di Tukangan.

Rencana ke depannya, mereka ingin tetap eksis dan bisa berproses. Komunitas ini memang tidak sepenuhnya berbau teater, namun mereka juga memasukan seluruh unsur seni ke dalam setiap latihan atau pertunjukkan mereka. Mereka juga mempelajari tari, musik dan seni untuk mendisain setting pertunjukkan mereka. "Sebenarnya nama lengkap komunitas ini adalah laboratorium Seni," ungkap Lisa.

Apabila ingin mengenal lebih dalam mengenai komunitas ini, atau bahkan bergabung untuk mengekspresikan diri, La Giente's bisa dihubungi melalui Wawan (08195531228) dan Genta ( 08157976306). Atau bisa juga langsung datang ke Tukangan DN II, Jogja.

0 komentar: