a/ ;>

Open Circuit Community

Senin, 18 Agustus 2008


Open Circuit Community (OCC) adalah suatu wadah yang menyediakan media sebagai ruang ekspresi anak muda Jogja, khususnya dalam bidang budaya visual. Berawal dari komunitas visual foto dan lukis, komunitas ini berkembang dan kemudian bertujuan untuk mendukung produksi anak muda dengan cara menyediakan media sebagai tempat mereka memamerkan karya maupun mempresentasikan karya dalam bidang visual. Tak harus foto atau lukis, saat ini OOC membuka kesempatan bagi mereka yang berkarya di bidang visual apa pun, bahkan hingga film ataupun desain grafis.

Pada awal berdirinya, OCC bekerja sama dengan Outmagz, dan bernama Outmagz Circuit Community. Namun kerjasama ini tidak berjalan lama karena Outmagz kemudian berganti manajemen dan pindah ke Jakarta. OCC pun ikut mengganti kata "Outmagz" di namanya dengan kata "Open". OCC sendiri didirikan oleh 4 orang yaitu Pitra, Hendra, Daniel, dan Sujud.

Keanggotaan dari komunitas ini bersifat terbuka untuk umum. Walaupun keanggotaan terbuka di sini dimaksudkan informal, akan tetapi untuk managemen dari OCC ini sendiri bersifat tertutup. Sampai saat ini hanya terdiri dari 4 orang, yaitu pendirinya. OCC juga menjalin hubungan kerja sama dengan pihak luar yang mendukung tujuannya, antara lain dengan Mes56 dan Yayasan Seni Cemeti. Managemen dari komunitas ini tidak menetapkan pertemuan rutin, pertemuan rutin hanya dilakukan jika ada event-event tertentu.

Dalam rangka mencapai tujuannya, OCC telah mengadakan beberapa kegiatan di kalangan anak muda Jogja. Mulai dari pameran, workshop, ataupun sekedar presentasi. Beberapa pameran yang telah diadakan oleh OCC antara lain 135° Art or Product? yang bekerja sama dengan mahasiswa Kobe University, Jepang, dan Road Trip. Sedangkan untuk workshop, OCC telah mengadakan workshop pembuatan majalah untuk anak SMA yaitu "Bikin Zine Itu Gampang". Event-event yang mereka adakan biasanya bertempat di basecamp mereka sendiri, yaitu di Jl. Nagan Tengah No. 8 Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. Bila tertarik untuk bergabung, bekerja sama, ataupun sekedar ingin tahu, hubungi saja Pitra (0815-7801-8157) atau email ke opencircuitcommunity@yahoo.com

0 komentar: