a/ ;>

Lepas Penat di Umbul Merapi

Minggu, 17 Agustus 2008


Nama tempatnya Umbul Merapi. Posisi geografisnya berada di pertigaan tusuk sate di suatu tempat di Cangkringan yang akan Anda lewati bila ingin pergi ke Padang Golf Merapi, agak susah diterangkan. Dari halaman warung yang cuma bertetangga dengan sawah dan ladang itu, Anda bisa memandang Merapi sepuasnya. Umbul Merapi berkonsep lesehan, jadi bisa rebahan sesuka hati. Ahhh, nyamannya, apalagi sambil dibuai sejuknya udara pegunungan.

Ternyata Umbul Merapi cuma menawarkan dua menu jamur dalam daftarnya. Jadi kami memesan satu porsi sate dan dua porsi Pepes Jamur. Karena belum sarapan (padahal jam sudah menunjukkan pukul 3 lebih!) saya juga memesan Nasi Goreng Ijo yang terdengar menggoda.

Pepes Jamurnya terbungkus daun pisang. Rasanya gurih dengan tekstur jamur tiram yang lembut keayam-ayaman (seperti daging ayam maksudnya). Semakin nikmat dengan tahu yang ikut di dalam bungkus daun pisang. Sate Jamurnya sekilas terlihat seperti sate usus ala angkringan. Aroma bawang merah mentah yang kuat berpadu dengan bumbu kecap membuat sate yang kenyil-kenyil ini menjadi penutup yang sempurna untuk hari petualangan kami berdua. Namun jangan lupakan Nasi Goreng Ijonya, karena nasi goreng non kecap yang gurih dengan potongan-potongan tipis buncis ini ternyata punya cita rasa yang cukup menawan. Dengan porsi merica yang nampaknya ekstra banyak, nasi goreng ini sangat cocok untuk menghangatkan badan di tengah sejuknya udara pegunungan.


0 komentar: