a/ ;>

Makam Raja-Raja Imogiri

Senin, 18 Agustus 2008


Makam kerajaan Imogiri terletak di sebuah bukit dengan sekitar 12 km dari Jogja. Makam ini tak hanya merupakan makam keluarga kraton Jogja, namun juga merupakan makan keluarga kraton Surakarta. Makam Imogiri memiliki satu pintu utama untuk pengunjung umum, sedangkan keluarga kerajaan yang ingin berkunjung dapat melalui pintu khusus yang telah disediakan.

Makam Sultan Agung Hanyokrokusumo, raja ketiga dari Kerajaan Islam Mataram, terletak pada puncak bukit. Sultan Agung adalah keturunan dari Panembahan Senopati yang merupakan pahlawan saat penyerangan terhadap Belanda di Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1628 M. Sultan Agung dan semua raja-raja keturunannya, baik keluarga kerajaan dari kraton Jogja maupun kraton Surakarta dimakamkan di makam keluarga kerajaan Imogiri ini.

Makam kerajaan yang dibangun pada tahun 1645 ini merupakan lokasi yang menarik untuk dikunjungi dalam rangka mengenal kebudayaan dan sejarah kraton. Bila ingin mengunjungi makam keluarga kerajaan Imogiri, para turis harus mengenakan pakaian tradisional Jawa.

Untuk mencapai lokasi makam yang terletak di puncak bukit, terdapat sebanyak 345 anak tangga yang harus didaki. Makam kerajaan Imogiri hanya dapat dikunjungi pada hari Senin pukul 10.00-12.00 WIB atau Jumat pukul 13.00-16.00 WIB.

0 komentar: